PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII A SMP PGRI BAGELEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE (PR) BERBANTUAN KARTU MASALAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | Suryati, Asti Ade |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3152 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3152/2965 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pemahaman konsep, komunikasi matematis, dan prestasi belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran PR berbantuan kartu masalah pada siswa kelas VIII A SMP PGRI. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan 5 metode yaitu observasi, tes, wawancara tidak terstruktur, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian secara kualitatif diperoleh bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran PR dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika yaitu siswa dapat menyatakan ulang kosep dan dapat menyelesaikan masalah, siswa dapat menyelesaikan soal sesuai dengan langkah-langkah yang benar. Didukung data kuantitatif dengan hasil pemahaman konsep siswa di siklus I sebesar 63,74% dan siklus II sebesar 78,38%. Selain itu, meningkatkan komunikasi matematis siswa baik secara lisan maupun tertulis yaitu siswa dapat menghubungkan gambar ke dalam ide matematika, menyatakan permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari ke dalam model matematika, mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanya dengan benar. Didukung data kuantitatif dengan hasil komunikasi matematis lisan siswa di siklus I sebesar 50,38% dan siklus II meningkat menjadi 80,11%, komunikasi matematis tertulis siswa di siklus I sebesar 63,34% meningkat menjadi 79,26% di siklus II. Dan prestasi belajar matematika siswa pada pra siklus persentase ketuntasan klasikal sebesar 0%, siklus I meningkat menjadi 50%, dan di siklus II sebesar 77,3%. Kata kunci: model pembelajaran Pictorial Riddle, pemahaman konsep, komunikasi matematis, prestasi belajar