PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII
Main Author: | ., Hastharini |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3057 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3057/2894 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adakah perbedaan pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar (2) untuk mengetahui adakah perbedaan pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar (3) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara kreativitas belajar dan motivasi terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karanggayam tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 256 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 64 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Ex Post Facto. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data untuk variable kreativitas belajar dan motivasi menggunakan angket sedang prestasi menggunakan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa (1) tidak ada perbedaan pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi (Fhit = 0,105587 < 5,03 = Ftab) (2) tidak ada perbedaan pengaruh motivasi terhadap prestasi (Fhit = 0,441614< 5,03 = Ftab) (3) tidak terdapat interaksi antara kreativitas belajar dan motivasi terhadap prestasi(Fhit = 0,689448 < 2,46 = Ftab). Kata kunci: kreativitas belajar, motivasi, prestasi belajar