EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DAN STAD TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII SMP N 24 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: Supriyono, Serly Yusnita Rini;
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2016
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2987
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2987/2824
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keaktifan dan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran Team Quiz lebih baik daripada model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions). Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 24 Purworejo tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas E sebagai kelas eksperimen dan kelas F sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan lembar observasi keaktifan yang telah memenuhi syarat validitas isi dan soal tes uraian prestasi belajar yang telah memenuhi syarat validitas butir, validitas instrumen, dan reabilitas. Uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas bivariat dan uji homogenitas mengggunakan metode Box M’s test pada taraf signifikansi 0.05. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji-t multivariat dilanjutkan uji-t univariat. Dapat disimpulkan bahwa keaktifan dan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran Team Quiz lebih baik daripada model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions). Kata kunci: Team Quiz, STAD, Keaktifan, Prestasi belajar