PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DISCOVERY-INQUIRY PADA SISWA KELAS X TIPTL–B SMK NEGERI 1 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015-2016
Main Author: | ., Sugiharto |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2964 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2964/2801 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMK Negeri 1 Purworejo Kelas X Teknik Instalasi Pembangkit Tenaga Listrik-B dalam pengembangan konsep Matematika dengan menggunakan metode Discovery-Inquiry. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dari penelitian ini adalah siswa Kelas X Teknik Instalasi Pembangkit Tenaga Listrik-B SMK Negeri 1 Purworejo yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Tindakan kelas yang diteliti adalah peningkatan kemandirian belajar siswa dan prestasi belajar. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode discovery-inquiry. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode angket dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode discovery-inquiry pada mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan pada prosentase kemandirian belajar pada setiap siklus. Sebelum menggunakan metode discovery-inquiry rata-rata kemandirian belajar siswa sekitar 57,5%. Setelah menggunakan metode discovery-inquiry pada mata pelajaran Matematika rata-rata kemandirian belajar siswa menjadi 74,2 % pada siklus I dan 83,3 % pada siklus II. Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 76 dan meningkat menjadi 90, pada siklus II. Kata kunci: Kemandirian, Discovery-Inquiry