UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI TEGALKUNING PADA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG MELALUI METODE PEMBELAJARAN SYNECTICS TAHUN 2011/2012
Main Author: | Istiqomah, Siti Nur ‘Aini |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/295 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/295/314 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini untuk dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Tegalkuning menggunakan metode pembelajaran synectics. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas V yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas belajar siswa dari 78,89% pada siklus I, menjadi 81,78% pada siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari 69,60 dengan ketuntasan klasikal mencapai 57,89% pada siklus I, menjadi 81,05 dengan ketuntasan klasikal mencapai 84,21% siswa pada siklus II. Kreativitas belajar siswa yang dapat terobservasi juga meningkat dari 32,89% pada siklus I, menjadi 60,52%. Jika dilihat dari hasil tersebut, maka metode pembelajaran synectics dapat meningkatkan kreativitas belajar dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Tegalkuning Tahun Pelajaran 2011/2012. Kata Kunci: metode pembelajaran synectics, kreativitas belajar, hasil belajar