BERFIKIR MATEMATIS RIGOR LEVEL 1 SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DALAM KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR
Main Author: | ., Istikhomah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/294 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/294/316 |
Daftar Isi:
- Berfikir matematis rigor level 1 (berfikir kualitatif) adalah suatu aktivitas berfikir matematis yang melibatkan penggunaan beberapa fungsi kognitif dimana dalam penggunaannya berfikir matematis kualitatif mempunyai 6 fungsi kognitif yaitu pelabelan (labeling), visualisasi (visualizing), pembandingan (comparing), pencarian secara sistematis untuk mengumpulkan dan melengkapi informasi (searching systematically to gather clear and complete information), penggunaan lebih dari satu sumber informasi (using more than one source of information), penyandian (encoding), dan pemecahan kode (decoding). Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kemampuan berfikir matematis rigor level 1 siswa dalam kompetensi dasar mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar. Pengumpulan data menggunakan tes wawancara dengan purposive sampling dan snowball sampling. Subjek penelitian 15 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Purworejo yang kemampuan matematikanya lebih dari atau sama dengan 85. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Analisis data dilakukan dengan: reduksi data, penyajian data dan pembahasan. Penelitian menunjukkan subjek belum menggunakan fungsi kognitif 3 yakni pembandingan dan fungsi kognitif 6 yakni penyandian sehingga subjek belum mampu berfikir matematis rigor level 1. Kata Kunci: Berfikir matematis rigor level 1 (berpikir kualitatif), fungsi kognitif, kemampuan matematika