PENGGUNAAN STRATEGI HEURISTIK MODEL POLYA PADA PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 40 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Main Author: Sariati, Kanti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2013
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/290
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/290/311
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa melalui penggunaan strategi heuristik model Polya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B semester 2 SMP Negeri 40 Purworejo yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Instrumen penelitian berupa soal tes dan angket. Analisis data menggunakan uji t dan metode scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai di atas KKM 64,00 sebelum penelitian sebanyak 16 siswa dengan rerata 64,51 dan ketuntasan belajar klasikal 51,62%. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai di atas 64,00 sebanyak 23 siswa. Rerata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 74,41 dengan ketuntasan belajar klasikal 74,19%. Pada siklus II siswa yang memperoleh nilai di atas 64,00 sebanyak 26 siswa, sehingga rerata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 78,25 dengan ketuntasan belajar klasikal 83,87%. Uji t menunjukkan thitung lebih dari ttabel, sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa strategi heuristik model Polya dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dapat diterima. Selain itu ada peningkatan persentase motivasi belajar siswa dari siklus I 72,22% menjadi 79,67% pada siklus II. Kata Kunci : strategi heuristik model Polya, pemecahan masalah, prestasi belajar.