UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION DI SMP NEGERI 31 PURWOREJO KELAS VII C TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Main Author: | Prihantoro, Viko Agi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2780 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2780/2627 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII C SMP N 31 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Subyek penelitian semua siswa kelas VII C SMP N 31 Purworejo berjumlah 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode TAI (Team Accelerated Instruction). Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik presentase dianalisis secara kuantitatif dalam bentuk presentase. Analisis data menunjukkan bahwa motivasi siswa pada siklus I sebesar 60,625% dan pada siklus II sebesar 79,375%. Pengamatan tersebut menunjukkan ada peningkatan motivasi siswa sebesar 18,75 %, selama proses pembelajaran berlangsung. Padasiklus I, presentase motivasi siswa adalah 60,625 % dan dikategorikan kurang baik. Pada siklus II, presentase motivasi siswa adalah 79,375%. Dan dikategorikan baik. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I adalah 67,68 dan pada siklus II meningkat menjadi77,18. Dengan demikian bahwa model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII C SMP N 31 Purworejo. Kata kunci: motivasi, hasil belajar, TAI