PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MELALUI PROBING PROMPTING KELAS VIIB SMP NEGERI 33 PURWOREJO

Main Author: Sari, Diyan Puspita
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2016
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2776
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2776/2623
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: peningkatan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 33 Purworejo Tahun 2014/2015 sebanyak 33 siswa. Penelitian ini menggunakan model probing prompting berbantu kartu soal. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Semua data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian menujukkan keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata keaktifan siswa mencapai 62,58 dimana siswa terlibat cukup aktif interaksi tanya jawab masih ragu, siswa berani menyampaikan pendapat meski harus ditunjuk terlebih dahulu. Pada siklus II menjadi 85,45 sehingga siswa lebih aktif, interaksi kepada teman lebih aktif, dan dengan lancar menjawab pertanyaan dari guru serta berani memberikan pendapat dalam proses pembelajaran. Rerata hasil belajar siklus I mencapai 65,67 dengan ketuntasan klasikal 42,4%, pada siklus II rerata hasil belajar mencapai 75,41 dengan ketuntasan klasikal 81,3%. Kata kunci: keaktifan, probing prompting, kartu soal