EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NHT YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN TSTS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG

Main Author: Hidayah, Nurul
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2016
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2774
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2774/2621
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) Apakah prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran NHT yang di kombinasikan dengan TSTS lebih baik dari model pembelajaran konvensional.; (2) Penyebab model pembelajaran NHT yang dikombinasikan dengan TSTS lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Purworejo. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII C dan siswa kelas VIII D. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dengan dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakanuji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together yang dikombinasikandenganTwo Stay Two Stray lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang menggunakanpembelajarankonvensional.(2) modelpembelajaran Numbered Head Together yang dikombinasikan dengan Two Stay Two Stray lebih menyenangkan karena siswa dapat bertukar ide dengan teman yang lain melalui bertamu sehingga materi pun mudah dipahami. Kata kunci: NHT,TSTS, prestasi belajar