EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK PN2 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | Kurnia, Wulan Dwi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2723 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2723/2570 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang diberi model pembelajaran Group Investigation akan lebih baik dibandingkan siswa yang diberi model pembelajaran Snowball Throwing pada materi matriks kelas X SMK PN2 Purworejo Tahun Pelajaran 2014 /2015. Penelitian ini merupakan ekperimental semu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes prestasi belajar matematika pada materi matriks yang berjumlah 21 soal yang sebelumnya telah diujikan validitas dengan korelasi product moment dan realibilitas dengan rumus KR-20. Analisis uji hipotesis menggunakan uji-t dengan uji satu pihak yakni pihak kanan dengan = 5%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa prestasi belajar siswa dengan menggunakan model Group Investigation lebih baik dibandingkan siswa yang diberi model pembelajaran Snowball Throwing. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan tobs= 1.985 > 1.67155 = ttabelsehinga H0ditolak dan H1 diterima. Kata kunci: Group Investigation, Snowball Throwing, prestasi belajar