PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DISERTAI DENGAN PEMBERIAN REWARD UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA
Main Author: | Mabarrun, Mabarrun |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2388 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2388/2238 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing disertai dengan pemberian Reward dapat meningkatkan keaktifan belajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX C MTs Miftahul Huda Mangunranan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Metode pengumpulam data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan persentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 69% dan meningkat pada siklus II menjadi 84,5%. Sedangkan persentase banyaknya siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal sebesar 59% pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 79%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing disertai dengan pemberian reward dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IX C MTs Miftahul Huda Mangunranan. Kata kunci: snowball throwing, reward, keaktifan dan prestasi belajar