PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DISERTAI DENGAN PEMBERIAN REWARD UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA

Main Author: Mabarrun, Mabarrun
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2015
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2388
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2388/2238
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing disertai dengan pemberian Reward dapat meningkatkan keaktifan belajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX C MTs Miftahul Huda Mangunranan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Metode pengumpulam data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan persentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 69% dan meningkat pada siklus II menjadi 84,5%. Sedangkan persentase banyaknya siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal sebesar 59% pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 79%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing disertai dengan pemberian reward dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IX C MTs Miftahul Huda Mangunranan. Kata kunci: snowball throwing, reward, keaktifan dan prestasi belajar