PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII F

Main Author: Ayuni, Kurota
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2015
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2245
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2245/2107
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F MTs N Kaleng yang berjumlah 32 siswa. Tahapan penelitian ini terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Metode pengumpulam data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Pembelajaran menggunakan model pembelajaranThink Talk Write (TTW). Hasil penelitian menunjukkan persentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 47,93% dan meningkat pada siklus II menjadi 70,45%. Sedangkan persentase banyaknya siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal sebesar 53,13% pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 71,78%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaranThink Talk Write dapat meningkatkan keaktifan dan hasilbelajar matematika siswa kelas VII F.