PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER

Main Author: Purwati, Yuni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2015
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2239
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2239/2101
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII A MTs Miftahul Huda.Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dilaksanakan selama 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 2 metode, yaitu metode observasi dan metode tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Presentase keaktifan belajar siswa pada siklus I yaitu 43,30% dengan kriteria kurang sekali, dan pada siklus II kriteria kekatifan belajar siswa menjadi baik yaitu sebesar 76,67%. Sedangkan ketuntasan prestasi belajar pada saat prasiklus yaitu 40% pada siklus I prestasi belajar siswa meningkat yaitu 53,30% dengan kriteria kurang dan pada siklus II peningkatan prestasi belajar siswa mencapai 80% dengan kriteria baik. Jadi penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika kelas VII A MTs Miftahul Huda pada pokok bahasan segitiga dan segiempat.