EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR
Main Author: | Aslamiyah, Suwaibatul |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2217 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2217/2079 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP N 39 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A dan VII B yang diambil secara Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan dua metode yaitu metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji hipotesis ekor kanan dengan uji t menunjukkan bahwa nilai tes hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas VII semester 2 SMP N 39 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014.