PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE PROBING-PROMPTING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 35 PURWOREJO
Main Authors: | Kurniawati, Kurniawati, Astuti, Erni Puji, Purwaningsih, Wharyanti Ika |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2215 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2215/2077 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi himpunan dengan model pembelajaran cooperative tipe probing-prompting. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi belajar siswa mengalami peningkatan pada pra siklus, siklus I, dan siklus II berturut-turut adalah sebesar 21%, 59%, dan 86%. Sedangkan prestasi belajar siswa meningkat dari pra siklus, siklus I,dan siklus II berturut-turut adalah 36% dengan rerata 65,17, 54% dengan rerata 71,96, dan 82% dengan rerata 78,75. Simpulan dari penelitian ini adalah partisipasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran cooperative tipe probing-prompting dalam pembelajaran matematika materi himpunan.