PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE PROBING-PROMPTING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 35 PURWOREJO

Main Authors: Kurniawati, Kurniawati, Astuti, Erni Puji, Purwaningsih, Wharyanti Ika
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2015
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2215
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2215/2077
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi himpunan dengan model pembelajaran cooperative tipe probing-prompting. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi belajar siswa mengalami peningkatan pada pra siklus, siklus I, dan siklus II berturut-turut adalah sebesar 21%, 59%, dan 86%. Sedangkan prestasi belajar siswa meningkat dari pra siklus, siklus I,dan siklus II berturut-turut adalah 36% dengan rerata 65,17, 54% dengan rerata 71,96, dan 82% dengan rerata 78,75. Simpulan dari penelitian ini adalah partisipasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran cooperative tipe probing-prompting dalam pembelajaran matematika materi himpunan.