EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CRH DAN NHT PADA MATERI BANGUN DATAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

Main Author: Lestari, Indah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2015
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2187
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2187/2050
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran CRH lebih baik dari pada prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT berbantu alat peraga dan untuk mengetahui apakah kepercayan diri siswa yang menggunakan model pembelajaran CRH lebih baik dari pada Kepercayaan diri siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT berbantu alat peraga. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu. Uji prasyarat analisis untuk uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan metode Bartlett dengan uji Chi Kuadrat. Uji keseimbangan menggunakan uji t dan untuk analisis data dilanjutkan uji hipotesis dengan menggunakan uji Multivariat dan dilanjutkan dengan uji Univariat. Berdasarkan uji hipotesis disimpulkan bahwa (1) prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran CRH lebih baik dari pada prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT berbantu alat peraga pada materi bangun datar di MTsN 2 Kebumen, (2) kepercayaan diri siswa yang menggunakan model pembelajaran CRH lebih baik dari pada Kepercayaan diri siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT berbantu alat peraga pada materi bangun datar di MTsN 2 Kebumen. Kata kunci: prestasi belajar, kepercayaan diri, CRH, NHT