EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MMP DAN TPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SMP N 5 KEPIL

Main Author: Rustikarini, Zusmana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2015
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2182
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2182/2045
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran MMP lebih baik daripada model pembelajaran Think Pair Share; (2) Komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Missouri Matematics Project lebih baik daripada model pembelajaran Think Pair Share. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kepil tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah empat kelas, dengan sampel sebanyak dua kelas.Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling dengan mengambil dua kelas secara acak (random) dari populasi untuk menentukan kelas sampel, dimana kelas A sebagai kelas eksperimen 1, kelas C sebagai kelas eksperimen 2. Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05, hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran MMP lebih baik daripada model pembelajaran TPS; (2) Komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran MMP tidak lebih baik daripada model pembelajaran TPS. Kata kunci: prestasi belajar, komunikasi matematis, Missouri Matematics Project (MMP), Think Pair Share (TPS)