EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL NHT DAN TSTS TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Main Author: Widyaningsih, Finadia
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2015
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2172
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2172/2035
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TSTS. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental design). Uji hipotesis menggunakan ekor kanan dengan uji t, dengan prasyarat analisis data terdiri dari uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan metode Bartlett. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes prestasi belajar matematika kelas eksperimen I sebesar 75 dan kelas eksperimen II sebesar 55. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji-t didapat thitung sebesar 6,602 dan ttabel sebesar 1,673 dengan taraf signifikansi 0,05, sehingga thitung > ttabel yang menyebabkan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik dari pada dengan model pembelajaran TSTS pada siswa kelas VII SMP N 35 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. Kata kunci: NHT, TSTS, prestasi