PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION)
Main Author: | Koimatun, Siti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2162 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2162/2025 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII B MTs Miftahul Huda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Miftahul Huda Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model TAI dapat meningkatkan keaktifan belajar yang ditunjukkan persentase keaktifan belajar siswa pada kondisi awal 47,83% meningkat pada siklus I menjadi 65,22% dan meningkat pada siklus II menjadi 78,26%. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar pada kondisi awal yaitu 43,48% meningkat menjadi 78,26% pada siklus I, dan mencapai 82,61% pada siklus II. Kata kunci: TAI, keaktifan, prestasi belajar matematika