EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TAKE AND GIVE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 1 SAPURAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Author: Muhlison, Ropingun
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2015
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2155
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2155/2018
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik daripada model pembelajaran Take and Give; (2) prestasi belajar matematika siswa dengan motivasi tinggi lebih baik daripada siswa dengan motivasi sedang maupun rendah; (3) interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi siswa. Populasi penelitian yaitu semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sapuran Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket motivasi belajar dan soal tes. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji scheffe. Hasil penelitian dengan diperoleh nilai pada masing-masing variabel yaitu (1) = 5,1 dengan maka DK sehingga ditolak, artinya prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran NHT lebih baik daripada penerapan model pembelajaran Take and Give,(2) , dengan maka DK sehingga ditolak, artinya siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki motivasi belajar sedang maupun rendah dalam prestasi belajar matematika (3) = 3,34, dengan maka DK sehingga ditolak, artinya terdapat interaksi antara penerapan model pembelajaran NHT dan Take and Give dengan perbedaan motivasi siswa terhadap prestasi belajar matematika. Kata kunci: Numbered Heads Togethers (NHT), Take and Give, motivasi