EKSPERIMENTASI MODEL TPS DAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA
Main Author: | Hanafi, Annas |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2153 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2153/2016 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) apakah hasil belajar siswa yang dikenakan model pembelajaran tipe TPS lebih baik dari pada hasil belajar yang dikenakan model pembelajaran tipe Take and Give; (2) apakah siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi menghasilkan hasil belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang mempunyai motivasi belajar sedang dan rendah; (3) apakah ada interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswatehadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ekperimental semu. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan uji hipotesis dengan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dapat disimpulkan bahwa (1) hasil belajar matematika siswa yang dikenakan model pembelajaran TPS lebih baik dari siswa yang dikenakan model pembelajaran Take and Give; (2) siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi menghasilkan hasil belajar yang lebih baik dari pada siswa yang mempunyai motivasi belajar sedang dan rendah; (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran yang digunakan dengan motivasi belajar siswaterhadap hasil belajar matematika. Kata Kunci: TPS, Take and Give,motivasi, hasilbelajar