EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS DAN TTW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Main Author: | Sunaryo, Hermawan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2044 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2044/1931 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe TPS, model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan model pembelajaran ekspositori pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prembun Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri I Prembun. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes yang sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan Analisis Variansi Satu Jalan dengan Sel tak Sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang yang dikenai TPS, TTW, dan ekspositori memberikan hasil yang berbeda. Prestasi belajar yang dikenai TPS lebih baik daripada TTW, dibandingkan antara prestasi belajar yang dikenai TPS dan ekspositori tidak menujukkan perbedaan, tetapi prestasi belajar yang dikenai ekspositori lebih baik daripada prestasi belajar yang dikenai TTW. Kata kunci: TPS, TTW, ekspositori, prestasi