EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE TAI DAN TUTOR SEBAYA BERBANTU LKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Main Author: Rohim, Rohim .
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2015
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1841
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1841/1743
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa pada materi geometri menggunakan Pembelajaran TAI (Team Assited Individualization) berbantu LKS lebih baik jika dibandingkan prestasi belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model tutor sebaya berbantu LKS pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Borobudur Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan selama tujuh bulan mulai bulan Desember 2013 sam­­pai de­ngan Juni 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Borobudur Magelang tahun ajaran 2013/2014. Tek­nik sam­pling yang digunakan adalah cluster random sampling. Da­ta da­lam penelitian ini di­pe­roleh dengan metode tes dengan instrumen pilihan ganda sebanyak 21 bu­tir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada materi geometri menggunakan Pembelajaran TAI (Team Assited Individualization) lebih baik dari pada prestasi belajar siswa dengan tutor sebaya pada siswa kelas X semester I SMA Muhammadiyah Borobudur Magelang tahun ajaran 2013/2014. Dari hasil komputasi yang telah dilakukan didapat bahwa rerata hasil belajar kelas eksperimen I yaitu siswa kelas X A adalah 76 sedangkan untuk kelas eksperimen II yaitu kelas X B adalah 68,650, dengan taraf signifikansi 0,05 didapat tobs 2,260 dan ttabel 1,64. Sehingga tobs DK yang menyebabkan H0 ditolak dan berarti TAI (Team Assited Individualization) lebih baik dari tutor sebaya. Kata kunci : TAI (Team Assited Individualization), prestasi belajar