EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TGT DIKOMBINASIKAN COOPERATIVE REVIEW DAN PAIR CHECK TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR
Main Author: | Ambarwati, Paras |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1824 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1824/1726 |
Daftar Isi:
- TGT dikombinasikan Cooperative Review lebih baik daripada Pair Check, 2) TGT dikombinasikan Cooperative Review lebih baik daripada Jigsaw, 3) Pair Check lebih baik daripada Jigsaw. Populasi penelitian adalah semua kelas X SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah 10 kelas. Sampel penelitian berjumlah 3 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan perhitungan uji multivariat dilanjutkan dengan uji univariat secara terpisah disimpulkan bahwa 1) keaktifan belajar siswa menggunakan TGT dikombinasikan Cooperative Review tidak lebih baik daripada Pair Check dan prestasi belajar siswa menggunakan TGT dikombinasikan Cooperative Review lebih baik daripada Pair Check, 2) keaktifan dan prestasi belajar siswa menggunakan TGT dikombinasikan Cooperative Review lebih baik daripada Jigsaw, 3) keaktifan dan prestasi belajar siswa menggunakan Pair Check tidak lebih baik daripada Jigsaw. Kata kunci: TGT dikombinasikan Cooperative Review, Pair Check, keaktifan, prestasi