TINGKAT KOGNITIF REVISI TAKSONOMI BLOOM PADA SOAL-SOAL DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA SMP

Main Author: Purwanti, Dina Wahyu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2015
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1821
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1821/1723
Daftar Isi:
  • buku teks matematika SMP kelas VII semester 1 berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik content analysis (kajian isi) menggunakan model Miles dan Huberman pada teknik pengolahan datanya. Diperoleh hasil penelitian bahwa soal-soal dengan tiga tingkat kognitif mempunyai proporsi yang sangat dominan dengan persentase sebesar 69,20%-76,10%. Tingkat kognitif dan jenis pengetahuan mengaplikasikan pengetahuan prosedural mempunyai proporsi sebesar 23,86%-28,78%, sedangkan jenis pengetahuan metakognitif mempunyai proporsi yang paling kecil yaitu sebesar 0,12%-0,23%. Kata kunci: tingkat kognitif, soal-soal, buku teks matematika, revisi Taksonomi Bloom