MODEL STAD DAN CRH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SMP

Main Author: Pratiwi, Deni Putri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2015
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1820
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1820/1722
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dengan pembelajaran: STAD bertugaskan mengubah lirik lagu lebih tinggi daripada CRH, STAD bertugaskan mengubah lirik lagu lebih tinggi daripada ekspositori, dan CRH lebih tinggi daripada ekspositori. Populasi penelitian adalah kelas VII SMP Negeri 31 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah 6 kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 3 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar yang telah diujicobakan dan memenuhi syarat taraf kesukaran, daya pembeda, validitas, dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian diperoleh bahwa prestasi belajar siswa dengan pembelajaran: STAD bertugaskan mengubah lirik lagu tidak lebih tinggi daripada CRH, STAD bertugaskan mengubah lirik lagu lebih tinggi daripada ekspositori, dan CRH lebih tinggi daripada ekspositori. Kata kunci: STAD, CRH, prestasi belajar