UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION
Main Author: | Purwati, Ofi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1800 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1800/1703 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keaktifan belajar dan soal tes evaluasi yang terdiri dari 5 soal uraian. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif menggunakan rumus rerata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dan prestasi belajar siswakelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Kebumen mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran model pembelajaran group investigation. Hal ini ditunjukkan dengan rerata persentase keaktifan belajar siswa yang mengalami peningkatan dari 58,85% pada pra siklus, 65% pada siklus I, dan 75,74% pada siklus II. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa, rerata nilai mengalami peningkatan dari 54,84 pada pra siklus, menjadi 63,04 pada siklus I, dan pada siklus II menjadi 77,26. Simpulan dari penelitian ini adalah keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIIC SMP Muhammadiyah 1 Kebumen tahun pelajaran 2013/2014 mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran model group investigation. Kata kunci: group investigation, keaktifan, prestasi belajar