MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DISCOVERY PADA SISWA SMK YPP PURWOREJO
Main Author: | HARNITI, . . |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1792 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1792/1695 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi peluang suatu kejadian dengan metode Discovery pada siswa SMK YPP Purworejo kelas XI TM E Tahun Pelajaran 2012/2013.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes yang terdiri dari lima soal uraian dalam materi peluang. Hasil dari penelitian dengan metode Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TM E SMK YPP Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukan dari hasil rerata persentase aktivitas belajar siswa kelas XI TM E SMK YPP Purworejo sebesar 54,5% pada siklus I meningkat menjadi 70,5% pada siklus II sehingga memenuhi indikator. Pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal siswa kelas XI TM E SMK YPP Purworejo sebesar 59,52% dengan rerata nilai 68,81 dan meningkat menjadi 85,71% dengan rerata nilai 81,19 pada siklus II sehingga memenuhi indikator yaitu persentase ketuntasan belajar klasikal minimal mencapai 60% dengan nilai KKM 70. Kata kunci: hasil belajar, metode discovery