EKSPERIMENTASI AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Main Author: | Trisetio, Eti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1791 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1791/1694 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika menggunakan model AIR lebih baik dari pada model VAK pada materi segitiga kelas VII SMP Negeri 3 Karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Desainnya adalah ekperimental semu. Populasinya siswa kelas VII SMP Negeri 3 Karanganyar, dengan sampel kelas VII F (eksperimen satu) dan VII G (eksperimen dua). Teknik samplingnya cluster random sampling. Untuk perhitungan data awal dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Kemudian uji keseimbangan dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil tes belajar diperoleh nilai rata-rata eksperimen satu 75,78 dan eksperimen dua 69,69. Setelah memenuhi prasyarat analisis yaitu normalitas dan homogenitas, langkah terakhir yaitu uji hipotesis diperoleh dan , sehingga , artinya ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa hasil belajar matematika menggunakan model AIR lebih baik daripada model VAK pada materi segitiga kelas VII SMP Negeri 3 Karanganyar tahunajaran 2013/2014. Kata Kunci: AIR, VAK, hasil Belajar