EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN TAKE AND GIVE DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VIII

Main Author: Robiatun, Siti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2014
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1787
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1787/1690
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran take and give lebih baik daripada model pembelajaran snowball throwing. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental research). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel pada penelitian ini kelas VIII C dan kelas VIII D. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat yaitu normalitas serta homogenitas, dan uji-t. Data setelah perlakuan, diperoleh rataan nilai kelas eksperimen I adalah 61,7190 dan kelas eksperimen II adalah 58,5938. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji-t dengan menggunakan α = 5% menunjukkan bahwa dan = 1,6698 dari hasil tersebut menunjukkan . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran take and give tidak lebih baik daripada model pembelajaran snowball throwing. Kata kunci: take and give, snowball throwing, prestasi belajar