STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN CRH DAN MMPTERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

Main Author: Hidayati, Nurul
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2014
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1784
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1784/1687
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika yang dikenai model pembelajaran Course Review Horay lebih baik daripada prestasi belajar matematika yang dikenai model pembelajaran Missouri Mathematics Project berkaitan dengan materi kubus dan balok. Teknik pengambilan sampel yang digunakan cluster random sampling.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi dan metode tes.Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda.Sebelum dilakukan pembelajaran, terlebih dahulu dilakukan uji keseimbangan menggunakan statistik uji t dua pihak. Setelah pembelajaran dilakukan uji hipotesis dengan statistik uji t pihak kanan dengan α = 0,05. Hasil dari analisis uji hipotesis dengan α = 0,05 menghasilkan tobs = 10,583, ttabel = t(0,05;52) = 1,675 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima karena tobs ttabel. Kesimpulannya yaitu prestasi belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CRH lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran MMP berkaitan dengan materi kubus dan balok. Kata kunci: CRH, MMP, prestasi belajar matematika