PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE)
Main Author: | Ardani, Heni Nur |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1774 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1774/1680 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis; (2) peningkatan hasil belajar pada siswa. Penelitian ini merupakan PTK yang dilaksanakan pada kelas VIII C SMP Negeri 4 Kebumen. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes kemampuan komunikasi matematis. Pembelajaran menggunakan metode SFE. Hasil penelitian menunjukan rerata kemampuan komunikasi matematis siklus I sebesar 71,48 dan siklus II meningkat menjadi 82,11. Sedangkan rerata hasil belajar matematika pada siklus I dan II berturut-turut mencapai 87,69 dan 88,38 dengan ketuntasan klasikal siklus I dan siklus II masing-masing 100%. Peningkatan skor komunikasi matematis dari siklus I ke siklus II sebesar 53,13%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode SFE dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa VIII C SMP Negeri 4 Kebumen tahun pelajaran 2013/2014. Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, Student Facilitator and Explaining