PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS)

Main Author: Rahayu, Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2014
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1756
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1756/1663
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 25 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Faktor yang diteliti berupa peningkatan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan tes. Analisis data menggunakan deskripsi kualitatif dan deskripsi persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa meningkat dari 65% pada siklus I, menjadi 82% pada siklus II. Hasil belajar juga meningkat yaitu pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 26 siswa dari 32 siswa, ,menjadi 28 siswa dari 30 siswa pada siklus II. Jika dilihat dari hasil tersebut maka, metode pembelajaran think pair share dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 25 Purworejo. Kata kunci: think pair share, keaktifan belajar, hasil belajar matematika