MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU LKS TERSTRUKTUR
Main Author: | Erni Puji Astuti, Dian Artanti, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1752 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1752/1659 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VII G SMP Negeri 25 Purworejo dengan metode pembelajaran Talking Stick berbantu LKS terstruktur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII G yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan rumus persentase dan rerata. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dari 68,31% pada siklus I, menjadi 86,61% pada siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari 75,26 dengan ketuntasan klasikal mencapai 70,69% siswa pada siklus I, menjadi 77,16 dengan ketuntasan klasikal mencapai 80,65% siswa pada siklus II. Jika dilihat dari hasil tersebut maka, metode pembelajaran talking stick berbantu LKS terstruktur dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VII G SMP Negeri 25 Purworejo. Kata kunci: talking stick, motivasi belajar, hasil belajar