EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DAN TAKE AND GIVE TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN

Main Author: Wharyanti Ika P, Fitriah, Nila Kurniasih,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2014
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1728
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1728/1640
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) prestasi belajar dan keaktifan siswa menggunakan model pembelajaran Time Token lebih baik daripada Ekspositori, (2) prestasi belajar dan keaktifan siswa menggunakan model pembelajaran Take and Give lebih baik daripada Ekspositori, (3) prestasi belajar dan keaktifan siswa menggunakan model pembelajaran Time Token lebih baik daripada Take and Give. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental research. Uji hipotesis dilakukan dengan uji multivariabel yaitu uji t untuk variabel prestasi belajar dan keaktifan siswa. Berdasarkan perhitungan uji multivariabel dapat disimpulkan bahwa (1) prestasi belajar dan keaktifan siswa menggunakan model pembelajaran Time Token lebih baik daripada Ekspositori, (2) prestasi belajar dan keaktifan siswa menggunakan model pembelajaran Take and Give tidak lebih baik daripada Ekspositori, (3) prestasi belajar dan keaktifan siswa menggunakan model pembelajaran Time Token lebih baik daripada Take and Give. Kata kunci: Time Token, Take and Give, prestasi, keaktifan