PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL RME TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI ABEAN
Main Author: | Mukhlisin, Akhmad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1628 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1628/1546 |
Daftar Isi:
- Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan model RME lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi bilangan bulat siswa kelas V SD Negeri Abean Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-Abean Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 53 siswa yang terbagi menjadi 3 kelas. Sampel penelitian diambil dua kelas secara acak, yaitu 19 siswa kelas V SD N I Abean sebagai kelas eksperimen dan 18 siswa kelas V SD Negeri II Abean sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan metode tes yang diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan uji t pihak kanan. Dengan taraf kesalahan 5% diperoleh thitung = 2,1616 dan ttabel = 1,6896 sehingga nilai thitung lebih dari ttabel (2,1616 > 1,6896) dan disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran RME lebihbaik dibandingkan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: pembelajaran matematika, Realistic Mathematics Education (RME), hasil belajar