EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Main Author: Riawan Yudi Purwoko, Agita Ira Cafitha; Bambang Priyo Darminto;
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2014
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1622
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1622/1540
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media komputer lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kutowinangun tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah siswa sebanyak 195 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 64 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes prestasi belajar siswa. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Chi-Kuadrat dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Uji hipotesis menunjukkan tobs sebesar 2.3223 lebih besar dari ttabel sebesar 1.99897 sehingga H0 ditolak.Hal ini berarti rata-rata skor tes kemampuan pemecahan masalah matematika dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media komputer lebih baik dari rata-rata skor tes kemampuan pemecahan masalah matematika dengan model pembelajaran ekspositori. Kata kunci: pembelajaran, reciprocal teaching, ekspositori