EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Main Author: Kurniawan, Wiji Catur
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2014
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1612
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1612/1530
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar yang dikenai model pembelajaran MMP lebih baik daripada yang dikenai model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah semua kelas VII SMP Negeri 2 Puring dengan kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumen dan metode tes. Hasil dari pengolahan data diperoleh rerata hasil belajar kelas eksperimen adalah 66,25 dan kelas kontrol adalah 59,64. Berdasarkan hasil uji keseimbangan dan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar yang dikenai model pembelajaran MMP lebih baik daripada yang dikenai model pembelajaran konvensional. Kata kunci: MMP, konvensional, prestasi belajar