PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC)
Main Author: | ., Mutohiroh |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1611 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1611/1529 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. At-Tauhid Jogomertan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian yang dilaksanakan 2 siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 22 siswa kelas VII MTs. At-Tauhid Jogomertan Petanahan Kebumen. Instrumen yang digunakan adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi kemandirian belajar siswa, pedoman wawancara, dan tes siklus.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe IOC dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkkan kemandirian yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diamati dari perubahan sikap dan pemahaman siswa yang sudah memenuhi indikator penelitian. Ketika siklus I yang hanya mencapai persentase kemandirian 64,80%, rerata hasil belajar 69,81, dan dengan nilai ketuntasan klasikal 68,18. Ketika melakukan siklus II, diperoleh hasil persentase kemandirian mencapai 80%, rerata hasil belajar mencapai 75, dan dengan nilai ketuntasan klasikal sebesar 81,81% Kata Kunci: model pembelajaran,IOC,Kemandirian, hasil belajar