PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PEMAHAM KONSEP SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ICT BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA PADA MATERI SEGIEMPAT

Main Author: Isnaeni Maryam, Puji Wardaya, Nila Kurniasih,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2014
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1601
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1601/1520
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa dalam mempelajari materi segiempat; (2) meningkatkan pemahaman konsep belajar matematika siswa dalam mempelajari materi segiempat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Berbasis ICT Berbantuan Software GeoGebra, angket kreativitas siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis ICT Berbantuan Software GeoGebra, dan soal tes yang terdiri dari 5 soal uraian dalam materi segiempat. Teknik analisis data adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai persentase rata-rata kreativitas belajari siswa yang mengalami peningkatan dari kategori sedang menjadi kategori tinggi, yaitu sebesar 73,98% pada siklus I menjadi 75,62% pada siklus II. Selain itu, nilai hasil rata-rata tes pemahaman konsep siswa juga mengalami peningkatan dari kategori baik menjadi kategori sangat baik, yaitu sebesar 75,25 pada siklus I menjadi 79,81 pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah kreativitas dan pemahaman konsep belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 22 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran Berbasis ICT Berbantuan Software GeoGebra. Kata kunci: kreativitas, pemahaman konsep, ICT, GeoGebra