PENERAPAN PEMBELAJARAN KUMON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD

Main Author: Isnaeni Maryam, Diah Rahmawatie, Bambang Priyo Darminto,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2014
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1596
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1596/1515
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran Kumon dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Jangkrikan pada materi pengukuran jarak, waktu, dan kecepatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Jangkrikan yang berjumlah 11 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pelajaran matematika meningkat dari 64,7 atau 45,45% siswa mendapat nilai di atas KKM yaitu 71 pada siklus I, menjadi 72,4 atau 81,81% siswa mendapat nilai di atas KKM pada siklus II. Jika dilihat dari hasil tersebut, maka metode pembelajaran Kumon dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Jangkrikan pada materi pengukuran jarak, waktu, dan kecepatan. Kata kunci: Kumon, hasil belajar