EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER SISWA KELAS VIII SMP

Main Author: Mujiyem Sapti, Nuri Ikmawati,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2014
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1240
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1240/1173
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) akan lebih baik daripada siswa yang menggunakan model konvensional; 2) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa perempuan lebih baik daripada siswa laki-laki; dan 3) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan perbedaan gender terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Buluspesantren. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar matematika siswa. Analisis uji hipotesis menggunakan uji analisis variansi (anava) dua jalan sel sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa 1) hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model konvensional, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis variansi dua jalan sel sama diperoleh ; 2) hasil belajar matematika siswa perempuan lebih dari hasil belajar matematika siswa laki-laki, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis variansi dua jalan sel sama diperoleh ; dan 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan perbedaan gender terhadap hasil belajar matematika siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis variansi dua jalan sel sama diperoleh. Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Perbedaan Gender.