EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GI DAN TGT PADA BANGUN DATAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Main Author: | Isnaeni Maryam, Siti Mukhlisoh, Puji Nugraheni, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1140 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1140/1076 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik antara model pembelajaran tipe GI atau TGT pada materi bangun datar kelas V. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus HM. Sarbini dan sampelnya adalah siswa kelas V dari SDN Buluspesantren dan SDN 1 Sangubanyu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Pada akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembedanya. Uji prasyarat analisis variansi meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian, didapat thitung = -0,147 artinya prestasi belajar dengan model pembelajaran GI tidak lebih baik dibandingkan prestasi belajar dengan model pembelajaran TGT. Dilihat dari rata-rata prestasi belajar pada kelas eksperimen I mencapai 75,44, sedangkan pada kelas eksperimen II adalah 76,62. Dari hasil perhitungan statistik uji hipotesis dengan α = 0.05 dan dk = 42 didapat ttabel = 1,960. Kata kunci: GI, TGT, prestasi belajar