MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DISERTAI ICE BREAKER PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Main Author: | Mita Hapsari Jannah, Larasati Dian Palupi; Puji Nugraheni; |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1139 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1139/1075 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa SMK Muhammadiyah Kutowinangun kelas X TKR C. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dimana tiap siklus terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR C SMK Muhammadiyah Kutowinangun tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 39 siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar angket minat belajar yang terdiri dari 20 pernyataan pada tiap akhir siklus, dan tes uraian yang terdiri dari 5 soal akhir siklus. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan rumus persentase. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: minat belajar siswa kelas X TKR C SMK Muhammadiyah Kutowinangun dapat dicapai dalam dua siklus. Minat siswa yang mencapai skor 70% sejumlah 61,53% pada siklus I sedangkan di siklus II minat seluruh siswa sudah mencapai skor 70%. Dari minat yang meningkat hasil belajar siswa juga meningkat. Pada siklus I yang memenuhi KKM sebesar 56,41% sedangkan di siklus II sebesar 92,30%. Kata kunci: Quantum Teaching, Ice Breaker, dan Minat Belajar Matematika.