PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV B SD NEGERI CLAPAR MELALUI METODE TALKING STICK
Main Author: | Dita Yuzianah, Candra Ramadhani, Bambang Priyo Darminto, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1132 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1132/1069 |
Daftar Isi:
- Abstrak Tujuan penelitian adalah untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar matematika pada materi bangun datar; (2) meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri Clapar tahun pelajaran 2012/2013 melalui metode Talking Stick dinyatakan berhasil. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata persentase hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 82,45% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91,22% dengan kriteria sangat baik. Rata-rata persentase hasil observasi motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 63,62% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 95,24% dengan kriteria sangat baik. Nilai rata-rata tes hasil belajar pada siklus I adalah 76,43, namun pada aspek “penalaran”, siswa yang tuntas baru mencapai 42,86% dari jumlah siswa. Nilai rata-rata tes hasil belajar siswa pada siklus II adalah 73,73 sedangkan semua aspek penilaian telah berhasil ditingkatkan di atas 80%. Kata kunci: motivasi belajar, hasil belajar, matematika, metode Talking Stick