PENERAPAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW II DAN TGT PADA MATERI BANGUN DATAR SEGITIGA

Main Author: Wharyanti Ika P, Kuswantoro, Bambang Prio Darminto,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2014
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1124
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1124/1061
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa pada kompetensi bangun datar segitiga dengan kombinasi model pembelajaran Jigsaw II dan Teams Games Tournament (TGT) akan lebih baik jika dibandingkan pembelajaran dengan model ekspositori. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian quesi experimental research. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Ma’Arif Pituruh Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2012/ 2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar matematika yang sebelumnya sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas serta reliabilitas. Data setelah perlakuan, diperoleh rataan nilai kelas eksperimen 71,07 dan nilai rataan kelas kontrol 65,64. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan = 0.05 t diperoleh 2,128 sedangkan 1,67255 sehingga tobs> . Didapat kesimpulan prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Ma’Arif Pituruh tahun pelajaran 2012/2013 pada materi bangun datar segitiga dengan kombinasi model pembelajaran Jigsaw II dan TGT lebih baik daripada dengan model pembelajaran ekspositori. Kata kunci: Jigsaw II, TGT, ekspositori