MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH

Main Author: Erni Puji Astuti, Nurhayati, Bambang Priyo Darminto,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2014
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1085
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1085/1027
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) peningkatan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Keseneng dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match; (2) peningkatan keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri Keseneng dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas V SD Negeri Keseneng. Instrumen yang digunakan adalah dengan lembar observasi keaktifan siswa, dan tes siklus. Hasil analisis data yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa (1) hasil pengamatan keaktifan belajar siswa 63,51% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 77,91%; (2) prestasi belajar siswa secara klasikal terjadi peningkatan dari 64,51% pada siklus I menjadi 80,64% pada siklus II; (3) prestasi belajar siswa dari nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan dari 66,77 pada siklus I menjadi 79,03 pada siklus II. Kata kunci: model pembalajaran, Index Card Match, keaktifan, prestasi belajar