MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA DAN LKS PADA SISWA KELAS IV

Main Author: Wharyanti Ika P, Erni Kurniati, Bambang Priyo Darminto,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2014
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1072
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1072/1015
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan alat peraga dan LKS dalam pembelajaran matematika dalam pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Candiwulan Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 2 Candiwulan yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Rerata hasil belajar pada UTS sebesar 51,8, pada siklus I sebesar 66,8 dan pada siklus II mencapai 71,58. Tingkat ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan. Pada UTS atau sebelum dilakukan penelitian siswa yang tuntas belajar sebesar 47,46%. Setelah penelitian menggunakan alat peraga dan LKS dalam pembelajaran matematika, ketuntasan meningkat menjadi 52,63% pada siklus I dan menjadi 78,95% pada siklus II. Kata kunci: PTK, Alat Peraga, LKS