UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING

Main Author: Mita Hapsari Jannah, Ria Zuniati, Bambang Priyo Darminto,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2014
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1069
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1069/1012
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan: (1) Keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran problem posing kelas VII A MTs Ma’arif NU Wuwuharjo tahun pelajaran 2012/2013. (2) Prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran problem posing kelas VII A MTs Ma’arif NU Wuwuharjo tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan tes. Teknik analisis data dengan teknik kualitatif, kuantitatif dan uji t. Pada penelitian ini problem posing dapat meningkatkan: (1) Keaktifan belajar siswa dengan persentase keaktifan belajar sebelum tindakan siklus I yaitu 38,89%, meningkat mencapai 51,39% pada siklus I dan meningkat mencapai 76,39% pada siklus II. (2) Prestasi belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar kelas sebelum tindakan siklus I yaitu 45,16% dengan nilai rata-rata 49,27. Pada siklus I meningkat mencapai 51,61% dengan nilai rata-rata 55,74. Selanjutnya pada siklus II meningkat mencapai 70,96% dengan nilai rata-rata 71,77. Kata Kunci: Problem Posing, keaktifan belajar, prestasi belajar